sumber daya informasi

Kuliah 3

SUMBER DAYA INFORMASI

KONSEP SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI

TEKNOLOGI INFORMASI

PERANTI KERAS (komputer)

PROSESOR (Unit Pemroses Pusat atau CPU)

SUMBER DAYA SISTEM

  1. 1. Manusia (Braindware)

Orang yg menggunakan informasi yg dihasilkan sistem antara lain

Pelanggan, manajer, staf, akuntan dsb

  1. 2. Sumber daya hardware

Berupa bentuk fisik serta media penyimpanan data & informasinya

  1. 3. Sumber daya software
  • Software sistem (mengatur keseluruhan peripheral computer)
  • Software aplikasi (prog yg dibuat u/ memenuhi operasi organisasi
  • Procedur (berisi petunjuk pengoperasian)
  1. 4. Sumber daya jaringan
  • Internet
  • Intranet
  • Extranet
  1. 5. Sumber daya data
  • Data
  • Informasi (data yg telah diproses dalam bentuk agregat, manipulasi serta telah analisisn u/ pemakai yg tepat

NETWORKED ENTERPRISES

terdiri dari :

  1. Internet : jaringan global yang dibentuk dari jaringan kecil dimana jangkauan

jaringan tersebut mendunia

  1. Intranet : jaringan yang digunakan dalam internal perusahaan
  2. Extranet : jaringan yang digunakan  bersama oleh beberapa perusahaan

INTRANET

Web

server

Database

perusahaan

firewall
firewall
Pemasok

Distributor

pelanggan

EXTRANET

Intranet
Intranet

INTRANET adalah local area network dalam satu gedung atau wide area network untuk beberapa korporat, dilindungi keamanannya oleh firewall

EXTRANET adalah jaringan yang menghubungkan intranet pada lokasi yang berbeda adapun perbedaan antara extranet dan internet terletak pada tunnel dikenal dengan VPN (virtually private network)

TABEL KARAKTERISIK INTERNET, INTRANET dan EXTRANET

TIPE

JARINGAN

PENGGUNA

UTAMA

AKSES TIPE

INFORMASI

Internet Setiap individu yg

Memiliki akses ke internet

Publik (tak terbatas) General, publik dan advertorial
Intranet Hanya karyawan yg

Diberikan hak khusus

Privat dan terbatas Spesifik, korporat dan kepemilikan
Extranet Kelompok yg diotorisasi dari perusahaan Privat dan mitra luar yg terotorisasi Informasi bersama dlm kelompok kolaborator dan terotorisasi

MANAJEMEN SUMBER DAYA DATA

Pentingnya data : bagi perusahaan untuk keunggulan kompetitif

Sebuah aktifitas manajerial yg mengimplementasikan teknologi informasi seperti manajemen database, gudang data dalam tugasnya untuk mengelola sumber data organisasi untuk memenuhi pihak yg berkepentingan.

Proses ini biasanya menggunakan (input-proses-output) untuk mengakses dan mengekstrak data yg relevan serta mengubahnya kedalam bentuk umum.

Misalnya : beberapa anak perusahaan mencatat aktifitas menggunakan definisi data yg berbeda sehingga hasil data kurang optimal.

Pemecahan : membuat kesepakatan mengenai definisi data untuk semua kegiatan bisnis

DATA

1.  Karakter : adalah suatu huruf, angka, symbol dsb.

2.  Field : sekelompok karakter yg terhubung contoh : nama

Field mewakili atribut (karakter/kualitas) dari entitas (objek, orang dsb)

Contoh : database PLN

Entitas : pelanggan, meteran, tagihan, pembayaran, penggunaan materan

Hubungannya : tagihan dikirim ke pelanggan dan pelanggan bayar

Contoh : catatan penggajian meliputi nama orang, upah, jaminan social dsb

Catatan : field data yg saling terhubung dan dikelompokkan sehingga catatan

dapat mewakili atribut

  1. File : catatan yg terhubung

Contoh : penggajian : master karyawan vs transaksi

  1. Database : kumpulan terintegrasi dari elemen data yg secara logic saling terhubung

Jenis Database :

-Database Operasional : berisi data operasi perusahaan berupa transaksi, produksi dsb

Contoh : database Produksi, database SDM

-Database terdistribusi : data yg terdapat dalam server jaringan dapat berupa copy dari

database operasional

-Database eksternal : dalam dunia maya

GUDANG DATA

Pengumpulan berbagai data ekstrak dari database operasional, database terintegrasi, database eksternal  dalam organisasi

PENAMBANGAN DATA (DATA MINING)

Pengguna utama dari database dlm gudang data

Contoh : menganalisis data dalam gudang data untuk mendapatkan suatu pola dalam bisnis

masa lalu

Guna data mining :

–   melakukan analisis berbasis pasar agar dapat mengidentifikasi paket produksi

menemukan akar masalah kualitas/produksi

–   mencegah penurunan pelanggan dan mendapatkan pelanggan baru

–   penjualan lintas pelanggan

–   menjadikan data lebih akurat

A                               B                                 C                        D

pemilian

  1. transformasi data
  2. data mining
  3. evaluasi

PEMEROSESAN FILE SECARA TRADISIONIL

–         informasi yg diingkan berada pd file yg berbeda dengan cara/pemrosesan yg berbeda pula

–         file dikelola dengan cara yg berbeda

–         program aplikasi  tak lengkap

Masalah akan timbul :

–         pengulangan data (redundancy)

–         integritas data kurang

–         ketergantungan data (dengan program aplikasi tertentu)

PENDEKATAN MANAJEMEN DATABASE

Pengguna dengan mudah dapat mengakses database

DBMS : adalah software khusus yg dapat memanage kenyamanan user dengan beragam aplikasi (user friendly), user dapat membuat permintaan (query) dan membuat laporan yg sederhana. Contoh : select * from mahasiswa where ipk > 2.00

STRUKTUR DATABASE

ü      Berupa TABLE

Contoh: Table Mahasiswa (Master); Table Ipk (transaksi);

Kesimpulan/resume perkuliahan

ü      Manajemen sumber daya data

Bertugas menjalankan dan mengelola sumber daya data organisasi dengan pendekatan pemerosasan berbasis tradisionil

ü      Manajemen database

Mempengaruhi penyimpanan dan pemerosesan secara umum

ü      Software Database

Paket software yg mengedepankan pembentukan, penggunaan dan pemeliharaan

ü      Jenis Database

Databse operasional, database terintegrasi dan database eksternal

ü      Gudang Data

Data yg telah dibersihakan dan dijadikan katalog untuk analisis dan aplikasi pendukung keputusan

ü      Penambangan Data

Menemukan tren tersembnyi serta menyimpan halaman web

ü      Akses Data

Diatur secara logis menggunakan bentuk karakter, field, record, file dan database

SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI

Sama pentingnya dengan ilmu lain yg telah membentuk bidang studi mendasar terlebih setelah dibantu dengan internet hingga membantu efektifitas dan efisiensi , membantu pengambilan keputusan manajerial dan membuka peluang berakibat memperkuat posisi kompetitif,

Sistem informasi à kombinasi teratur dari hardware, software, jaringan dan sumber daya data dengan cara mengumpul, mengubah, mengekstrak serta menyebarkan informasi dlm organisasi.

Teknologi yang menunjang

  1. Teknologi Hardware

semua jenis computer serta tools lainnya berupa input, output dan media penyimpanan

  1. Teknologi Software

sistem operasi, brouser, aplikasi, supplay chain manajemen

  1. Teknologi Jaringan

internet, intranet dan extranet

  1. Teknologi Manajemen Sumber Data

manajemen data base yg berfungsi u/ mengembangkan, akses dan memeliharanya.

Tren Sistem Informasi

TAHUN PROSES
1950 – 1960 EDP

Pencatatan transaksi, aplikasi akuntansi

1960 – 1970 SIM

Lap mnj untuk informasi yg telah ditentukan terlebih dahulu dalam rangka mengambil keputusan

1970 – 1980 DSS

Dukungan interaktif u/ mengambil keputusan

1980 – 1990 End user

Pemakai akhir langsung dapat menggunakan terutama untuk kerjasama kelompok

1990 – 2000 E-business & E-commerce

Operasional perusahaan yang dapat dijalankan melalui web dan bersifat global

Kerangka kerja SI untuk para praktisi bisnis

  1. Konsep Dasar

berupa peran SI u/ mendukung bisnis, memahami perilaku bisnis dan sisi manajerialnya.

  1. Teknologi Informasi

tentang hardware, software, jaringan, internet serta manajemen data base

  1. Aplikasi Bisnis

untuk operasi dan sisi manajemen, SI berperan sebagai:

  1. Keunggulan strategis u/ kompetitif

Mendapatkan keunggulan strategis dari pesaing tentang teknologi yg inovatif

Contoh : penggunaan e-commerce untuk perdagangan

  1. Pengambilan Keputusan

Item produk apa yg harus ditambah/dikurangi/dihentikan serta jenis investasi apa yg dibutuhkan

  1. Mencatat Transaksi, Menelusuri Sediaan, Gaji, Tren Penjualan Dsb.
  2. Pengembangan

Bagaimana SI digunakan u/ memenuhi peluang bisnis

  1. Tantangan Manajemen

Scara efektif mengelola SI pada tingkat end user perusahaan

BAGAN SISTEM INFORMASI

  • Sistem Pemrosesan Transaksi

memproses data yg dihasilkan dari transaksi sehingga terjadi update database operasional

  • Sistem Pengendalian Proses

mengendalikan berbagai proses industrial

  • Sistem Kerjasama

mendukung kemitraan dan kerjasama team dalam bentuk e-mail, chating atau conference

  • SIM (sistem informasi manajemen)

Memberikan informasi dlm bentuk laporan yg telah disepakati u/ mendukung proses pengambilan keputusan bisnis

  • DSS (decision support sistems)

Dukungan interaktif khusus u/ pengambilan keputusan bagi para manajer

  • EIS (Expert Intelligence Sistems)

Informasi gabungan antara SIM dan DSS bagi para eksekutif

Contoh : perkembangan ekonomi u/ mendukung bisnis atau menganalisa tindakan

pesaing

Tiga Kelompok Sistem Pendukung Keputusan terus berkembang, antara lain

  1. Sistem Pakar

sistem berbasis ilmu pengetahuan yg menyediakan saran pakar sebagai konsultan bagi para pemakai

contoh : penasihat aplikasi kredit, sistem pemeliharaan diagnosa dll.

  1. Sistem Manajemen Pengetahuan

sistem berbasis pengetahuan yg mendukung pembuatan, pengaturan, dan penyebaran pengetahuan bisnis dlm perusahaan

contoh :akses ke situs bisnis terbaik, stategi proposal penjualan dll

  1. Sistem Informasi Strategis

mendukung operasi dan proses mnj yg berhubungan langsung dengan produk, layanan dan kemampuan strategis u/ keunggulan kompetitif

contoh: perdagangan saham online, penelusuran pengiriman, web e-commerce

  1. Sistem Bisnis Fungsional

mendukung berbagai sistem operasional dan manajerial atas berbagai fungsi bisnis.

Contoh : aplikasi akuntansi, keuangan, pemasaran, mnj operasi, MSDM dsb.

Peran e-business dalam bisnis

Tantangan bisnis dimasa depan amat tergantung dari penerapan teknologi berbasis internet dan penyeberan inf melalui web site dengan tejuan terjadinya dialog antara perusahaan dan konsumen.

E-business adalah proses bisnis melalui web yang meliputi kerjasama dlm perusahaan dengan pelanggan, pemasok, stakeholder dsb.

E-commerce adalah proses pembelian, penjualan, pemasaran dan pelayanan produk serta jasa secara online. Dalam prosesnya dapat mengakses kedalam database perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: